Travel

Lombok Vacation (Part 2) : Senggigi

Jumat, 12 Mei 2017 : Bye, Gili Trawangan!

Pagi-pagi aku kebangun. Bukan karena excited, tapi karena sakit perut. Setelah panggilan alam dituntaskan, ga lama kemudian Donia bangun. Kemaren kita sempet ngomongin rencana hari ini mau ngapain, dan kita emang berniat untuk main ke pantai sebelum kita hijrah ke Lombok. Jadi agenda hari ini adalah main pantai di Gili dan main pantai di Senggigi.

Sebelom main pantai, kita breakfast dulu. Nah hotel kita udah include breakfast, kita bisa milih mau breakfast apa, pilihannya ada American breakfast (scrambled egg, sosis, roti served with jam and butter), Indonesian breakfast (nasi goreng telur), sama Continental breakfast (isinya mirip sama American, agak lupa bedanya apa), dan semua pilihan breakfast udah termasuk teh/kopi dan fruit slice/jus buah. Tastewise.. em.. ya.. agak di bawah standar kalo menurut aku, bahkan rotinya bener-bener cuma roti tawar, ga dikasih jam and butter kaya yang dijanjikan. Tapi berhubung makannya bersama teman-teman yang terkasih jadi breakfast pun bisa dinikmati dengan hati yang riang.

Abis makan, kita cus ke depan hotel buat main ke pantai. Sebenernya pantai di depan hotel kita aga banyak karang jadi kalo jalan tajem-tajem, terus waktu itu bener-bener sepi banget pantai depan hotel kita. Kalo mau yang rame dan pasirnya halus mungkin di pantai yang ada di sebelah timur pulau, which yang kalo mo ke sana harus naik sepeda lagi. Namun karena rasanya kita udah kapok sepedaan bonceng-boncengan, dan kita juga bangunnya aga siang, jadi udah hampir jam check out, kita memutuskan buat main di depan hotel aja.

Beda sama kemaren pas kita nikmatin sunset, air lautnya udah pasang. Airnya biru cantik, terlihat kontras sama pasirnya yang putih.

Di kala kita asik main air cantik di tepi pantai, tiba-tiba datenglah dua orang bule yang tanpa ragu dan tanpa takut berenang menuju ke ayunan yang posisinya udah lumayan aga jauh dari tepi pantai (kalo menurut aku). Kalo turis asing mungkin emang udah biasa surfing dll kali ya, jadi kalo berenang di laut buat mereka piece of cake. Lah kalo aku keciprat ombak aja udah kalang kabut mata perih, apalagi berenang di laut 😦

Duo My Life My Adventure

Walopun rasanya belom puas main air, kita udah harus mandi dan beberes karena udah hampir jam check out. Setelah check out, kita naik kidomo lagi buat ke pelabuhan. Konon katanya, kalo kita ga sengaja nginjek kotoran, kita bakal dapet good fortune. Apa jadinya kalau kita tidak sengaja kemuncratan kotoran kuda? Hal ini dialami Donia, Hans, dan Aldo yang ga sengaja kena percikan kotoran kuda karena kuda mereka ekornya ngibas-ngibas dengan riang bak ekor anjing saat bertemu tuannya.

Setelah kita turun-turunin koper dari kidomo, ternyata bapak speed boat yang kemaren belom muncul, jadi kita harus nunggu sebentar. FYI di sana mataharinya terik banget, panas-panas enaknya makan apa hayo.. Makan es krim tentunya! Jadi mumpung bapak speed boat belom dateng, aku, Yosua, Andrew pergi sebentar beli es krim di minimart. Waktu itu kita beli feast 5 biji, dan berapakah harganya sodara-sodara? Tujuh puluh lima ribu rupiah sodara-sodara, alias harga satuannya adalah IDR 15 ribu, harganya dimarkup sampe 3 kali lipetnya, rasanya engga rela cuma udah terlanjur bayar (padahal kemaren beli gelato harganya 20 ribu dengan porsi besar dan enak), jadi apa daya. Moral : tanya harga dulu sebelum membeli barang di daerah turis.

Ga lama kemudian bapak speed boat dateng dan dia langsung bawain koper-koper kita ke speed boat. Au revoir, Gili Trawangan! Next stop: Teluk Nare.

Setelah sampai di Teluk Nare, aku mau beli topi pantai bundar ala-ala turis Jepang. Sialnya waktu itu Hans yang paling jago nawar lagi sibuk ngurusin rental mobil, jadi sisanya tinggal anak-anak lugu yang mudah dibodohi penjual. Topi yang aku mau sama embaknya dikasih harga IDR 60 ribu. Berikut percakapan aku dan penjual:

Erin (E): mbak, topinya yang ini berapa?

Mbak (M): 60 ribu mbak.

Erin (E): mahal amat mbak, ga 50 aja?

Mbak (M): boleh mbak 50 (dengan nada riang).

Erin (E): oh.. iya deh mbak yang itu (dalam hati menyesal dan merasa bodoh karena skill menawar yang menyedihkan).

Jadi topinya harganya 50 ribu. Padahal mungkin harganya bisa 30 ribuan. Hiks. Gapapa deh untung bagus. Kalo yang harganya 30 ribu modelnya kayak ahjumma ahjumma di felem korea :p

tamasya lombok_481
topi baru (yang biru)

Abis beli topi kita langsung naik mobil sewaan buat ke hotel. Oia nama sopirnya Pak Ketut. Nah mobil rentalnya Pak Ketut recommended deh, mobilnya Avanza baru, bersih, ACnya dingin, dan Pak Ketut orangnya baik mau recommend tempat dan tau jalan pastinya.

Sesampainya di hotel kita langsung check in dan ngurusin pembayaran, karena emang kita belom bayar pas book hotel ini. Hotel di sini ga kalah cantik sama yang di Gili Trawangan, suasana liburannya dapet banget deh pokoknya.

tamasya lombok_6283

tamasya lombok_4105

tamasya lombok_5170
le front porch
tamasya lombok_3773
le bedroom
tamasya lombok_9876
le bathroom

Hal yang paling aku suka dari kamar hotel ini adalah kamar mandinya! Shower nya semi outdoor gitu, jadi sambil mandi bisa sambil liatin langit malam yang indah (bintangnya jelas banget di sini). Cuma kalo mandi kelamaan bakal menggigil sih gara-gara anginnya lumayan kenceng.

Setelah check in kita lanjut keluar hotel dan pergi makan siang. Menu kita hari ini adalah cicipin kuliner lokal, yaitu ayam taliwang. Kita makan siang di resto yang jadi rekomen temennya Hans, katanya resto ini enk dan harga makanannya terjangkau. Nah waktu itu Hans-Donia, aku-Andrew, Yosua-Aldo beli paket untu berdua segarga IDR 80 ribu. Paket ini udah termasuk ayam bakar, ikan bakar, kangkung plecing, air mineral free flow, sama minuman. Oia ayamnya di sini pake ayam kampung ya jadi emang porsinya ga terlalu besar, tapi enak kok, terus bisa request ga pedes juga. Buat kangkungnya asal ga dimakan pake sambelnya, rasanya juga enak, fyi ini sambelnya keliatannya cantik (warnanya pink ga kaya sambel pada umumnya) tapi pedesnya juara, mungkin cocok buat kamu yang suka pedes. Nah buat ikannya, enak banget, karena ikannya juga ga terlalu besar, jadi bumbunya meresap sempurna, my favorite!

ayam bakar taliwang
ikan bakar
kangkung plecing

Abis makan kita lanjutin perjalanan kita ke Pantai Senggigi. Nah waktu itu kita ke Pantai Senggiginya lewatin Pasar Seni. Di Pasar Seni ini kamu bisa belanja oleh-oleh, karena di sini dijual berbagai produk kesenian khas Lombok, contohnya kerajinan kayu maupun kaca berbentuk tokek (atau cicak?), ada juga kain-kain, gelang-gelang, atau ada juga barang random kaya kaos oblong bir bintang dan celana Thailand yang gambar gajah (Lombok rasa Chatuchak).

tamasya lombok_1396
Pasar Seni Entrance

Begitu sampe Pasar Seni kita ga liat-liat dulu, melainkan langsung ke pantainya. Begitu nyampe pantai kita disambut penjual mutiara (khas Lombok), cuma kita-kita ga ada yang berniat beli, jadi kita waktu itu ga liat-liat juga mutiaranya kaya gimana.

Nah di Senggigi ini suasananya udah beda sama pas di Gili. Kalo di Gili kayanya banyakan ketemu turis asing lagi berjemur/main air, sedangkan kalo di sini kayanya lebih banyak ketemu turis lokal. Kalo dari segi pantainya menurut aku sih bagusan di Gili, karena kalo di Senggigi ini warna pasirnya coklat sementara kao di Gili pasirnya putih, jadi secara visual emang pantai di Gili keliatan lebih bersih dan cantik.

Donia

tamasya lombok_7404
another sunset
karya Yosua
tamasya lombok_2518
foto persahabatan

Selesai foto-foto kita balik lagi ke Pasar Seni karena Hans, Donia, Andrew mau belanja oleh-oleh. Sambil nunggu mereka belanja aku, Yosua, Aldo duduk sambil ngobrol-ngobrol di bawah langit malam Lombok.

Abis itu kita lanjut makan malam sate rembiga rekomendasi Bapak Ketut. FYI buat yang belom tau apa itu sate rembiga, sate rembiga itu basically sate sapi dengan olesan kecap pedas manis. Jadi kalo misalnya sate ayam kan kita dapet bumbu kacang, kalo sate kambing kita dapet kecap manis, nah kalo sate rembiga kaya sate b*bi, bumbunya udah jadi satu sama satenya, cuma bedanya bumbunya selain manis ada rasa pedasnya. Ati-ati buat kamu yang ga terlalu bisa pedes, karena dari gigitan pertama aja udah berasa pedesnya, pas aku makan aku ampe kaget dan batuk-batuk karena kaget ternyata satenya pedes. Makan di sini menurut aku terjangkau karena harga satenya seporsi (10 tusuk) itu IDR 20 ribu, plus nasi dan minum es jeruk totalnya IDR 35 ribu.

Setelah kenyang kita lanjut lagi ke tempat belanja oleh-oleh snack rekomendasi Pak Ketut (lagi). Masuk-masuk tempat oleh-oleh kita disambut ama counter susu kuda liar. Susu kuda liar ini konon katanya banyak manfaatnya untuk mengobati berbagai penyakit, seperti kolestrol, asam urat, dll, dan juga menambah stamina dan gairah (kalo kata brosurnya begitu), kalo mau tau lebih lengkap manfaat dari susu kuda liar bisa coba google sendiri. Nah kita sempet nyobain nih susu kuda liar, ternyata minumnya ga boleh sembarangan gaes. Minumnya cuma boleh sedikit (ditakarin sama mas-mas nya) terus dicampur sama madu, madunya juga waktu itu bukan sembarang madu, cuma aku lupa nama madunya apa.  Kalo buat aku pas diminum rasa susunya tuh lucu (?), ada enak dan ga enaknya. Jadi susu ini rasanya kaya asem-asem gimana gitu, cuma karena dicampur madu jadi manis campur asem. Pernah buat yoghurt sendiri ga dari susu campur yakult? Rasanya kaya begitu. Udahannya di lidah kaya ninggalin banyak ampas terus kaya aroma susunya tetep ada di mulut. Jadi kalo menurut aku pas diminum rasanya enak-enak aja karena manis, cuma karena aromanya kuat banget dan udahannya ga enak, jadi ujung-ujungnya kurang enak. Aku sama Donia abis minum ini langsung gelagapan cari air buat ngilangin aroma susu kudanya sementara si Hans dengan santai bilang susunya enak, jadi mungkin buat tiap orang beda kali ya. Jangan lupa cicipin susu kuda liar ya kalo ada kesempatan!

Selesai belanja snack oleh-oleh akhirnya kita balik ke hotel, pamitan dan bilang terimakasih sama Pak Ketut dan ke kamar masing-masing, mandi, beberes, terus ngumpul buat main Saboteur (lagi).

That was our second day at Lombok, tunggu lanjutannya ya 🙂